Selasa, 11 Agustus 2015

Tips Mendapatkan IPK Tinggi

cara mendapatkan IPK tinggi

Menjadi mahasiswa dengan predikat lulusan terbaik memang menjadi target semua orang. Apalagi pada saat wisuda kita berhasil meraih IPK cumlaude, tentunya hal ini sangat membanggakan kedua orang tua kita. Namun tidak semua mahasiswa dapat berhasil memperoleh IP tinggi, sehingga pada saat wisuda mereka tidak dapat memperoleh predikat cumlaude. Hal ini sangat tidak diinginkan semua mahasiswa, nah untuk mengatasi hal ini maka saya mempunyai beberapa tips agar kita semua bisa memperoleh IPK tinggi sehingga pada saat wisuda nantinya kita dapat memperoleh predikat cumlaude. Berikut beberapa tipsnya:
1.      Kerjakan Tugas
Tugas memang menjadi sebuah tradisi yang wajib diberikan oleh dosen untuk mahasiswanya. Jika kita ingin memperoleh nilai tinggi maka kerjakanlah tugas dengan segera dan jangan sampai menundanya karena untuk memperoleh nilai tinggi dari Dosen adalah dengan mengerjakan tugas dengan baik. Kerjakanlah tugas dengan sebaik mungkin jangan setengah-setengah karena kalau kita mengerjakan sesuatu dengan setengah maka hasilnyapun akan setengah.
2.      Rajin mengikuti perkuliahan
Usahakan kita rajin mengikuti perkuliahan dengan semua mata kuliah jangan sampai satu haripun kita tidak masuk, kalaupun kita sakit usahakan mengirim surat atau telfon dosennya dan beritahukan bahwa anda tidak dapat mengikuti perkuliahan pada hari itu. Karena salah satu yang menjadi penilaian dosen adalah dengan melihat absensi mahasiswanya, tentunya ini sangat berpengaruh dengan nilai anda nantinya.
3.      Aktif dalam diskusi
Jika anda ingin mendapatkan  nilai tinggi mungkin ini adalah salah satu alternatifnya. Mungkin sebagian besar kegiatan belajar dikampus adalah dengan menggunakan sistem diskusi, maka saya menyarankan anda untuk selalu aktif dalam berdiskusi karena nilai diskusi inilah yang akan mengangkat nilai anda nantinya. Jangan vakum, karena sebagian besar dosen tidak menyukai mahasiswa yang hanya duduk manis, dan hanya melihat jalannya dikusi. Kalau kita hanya diam maka nilai kita pun akan diam.
4.      Belajar
Hal ini mungkin sangat berat bagi sebagian mahasiswa, mereka lebih suka bermain game daripada harus membaca buku, namun inilah kenyataannya untuk mendapatkan nilai tinggi kamu harus banyak belajar, jangan cepat puas dengan ilmu yang ada, perbanyaklah membaca buku, dan bertanya kepada mereka yang lebih tahu.
5.      Persiapkan dirimu pada saat ujian
Saran saya jangan belajar dengan sistem SKS (sistem kebut semalam) karena akan menyakiti dirimu sendiri, belajarlah jauh sebelum ujian, dan persiapkan dirimu semaksimal mungkin supaya nantinya kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal juga.
6.      Kejar ilmu bukan kejar nilai
Pola pikir seperti inilah yang harus dirubah pada mahasiswa sekarang ini, kebanyakan mahsiswa mengejar nilai bukan mengejar ilmu, padahal tujuan kita kuliah bukan mendapatkan nilai tapi mendapatkan ilmu sebanyak mungkin. Nah setelah ilmu itu kita dapat, maka nilai nanti akan mengikuti.
7.      Do’a
Jangan remehkan kekuatan do’a, setelah berusaha maka berdo’alah supaya apa yang kita usahakan nantinya dapat tercapai.

Mungkin itulah tips untuk mendapatkan IPK tinggi, semoga tips ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita bisa manjadi mahasiswa dengan lulusan terbaik. Amiinnn...
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar