Selasa, 11 Agustus 2015

Panorama Indahnya Danau Kaco

Indahnya Danau Kaco


Kerinci dikenal dengan daerah yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Bahkan para wisatawan asing maupun lokal banyak yang terkagum-kagum dengan panorama indahnya wisata-wisata yang ada di kerinci, maka tak heran bila kerinci disebut sebagai segempal tanah surga yang dilempar ke bumi sakti alam kerinci.
Salah satunya wisata yang terkenal di daerah kabupaten kerinci adalah Danau Kaco. Danau ini terletak di daerah kabupaten kerinci provinsi jambi, tepatnya di desa lempur kecamatan gunung raya. Danau ini memliki luas sekitar 90 meter per segi dan kedalaman yang saat ini belum diketahui. Banyak peneliti berusaha untuk meneliti kedalaman danau tersebut namun tabung oksigen mereka habis ketika peneliti belum sempat menyentuh dasar danau tersebut, begitu juga dengan cahaya biru yang dikeluarkan oleh danau tersebut, belum ada penjelasan ilmiah terkait dengan warna biru yang dipancarkan dari danau tersebut. Danau kaco berada di ketinggian 1289 mdpl dan tidak begitu besar seperti layaknya danau-danau yang ada di negeri ini. Danau kaco memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi mereka yang mengunjungi. Mereka akan disuguhkan dengan keindahan danau yang begitu jernih nan biru, mereka akan terpesona dengan keindahan danau kaco. Keunikan  dari danau kaco adalah bila saat malam hari tiba kita tidak membutukan penerangan karena danau itu sendiri yang akan memberikan penerangan, apalagi pada saat bulan purnama danau itu akan memancarkan cahaya nya disekitar danau tersebut.
Danau Kaco dapat dicapai dari kota jambi ke kota sungai penuh, jarak antara jambi ke kota sungai penuh adalah sekitar 12 jam, setelah sampai di kota sungai penuh baru kita menuju ke desa lempur kecamatan gunung raya sekitar 2 jam, akses menuju desa lempur dapat dilalui dengan menggunakan motor atau mobil. Setelah sampai di desa lempur kemudian perjalanan dilanjutkan lagi dengan jalan kaki menyusuri hutan selama 3 sampai 4 jam, dalam perjalanan kita akan di suguhkan dengan pemandangan hutan yang begitu indah. Salah satunya adalah air terjun yang dapat kita nikmati pada saat perjalanan. Ada satu keistimewaan yang diberikan oleh pihak setempat, yaitu dimana kita dapat mandi di danau tersebut, dan memang air danau  tersebut sangat dingin.

Menurut kepercayaan desa setempat danau terlihat mengeluarkan cahaya pada saat malam hari di kerenakan cahaya intan yang tersimpan di dasar danau tersebut, menurut cerita setempat juga Intan itu disimpan oleh Raja Gagak dan tempat ia menyimpan intan tersebut yaitu di dasar danau, sampai saat ini masyarakat setempat masih mempercayai hal itu.
Mungkin itulah sekilas tentang keindahan panorama indahnya Danau Kaco, semoga artikel ini dapat menjadi referensi liburan anda sekeluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar